NEWS UPDATE :  

Berita

PANDUAN PELAKSANAAN PERINGATAN HARI SANTRI 2023 (SURAT EDARAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR SE. 10 TAHUN 2023)


A.   Umum
     1.  Pemerintah telah menetapkan tanggal 22  Oktober sebagai Hari  Santri berdasarkan Keputusan  Presiden  Nornor 22  Tahun 2015 tentang Hari Santri.
     2.  Bahwa untuk  memperingati  Hari  Santri,   perlu mengeluarkan  Surat Edaran Menteri Agama tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri  2023.
B.   Maksud  dan Tujuan
     Surat Edaran ini dimaksudkan dan bertujuan untuk memberikan panduan bagi pemangku kepentingan, Pesantren, santri, dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Peringatan Hari  Santri  2023.
C.   Ruang Lingkup
     Surat   Edaran  ini   mengatur  ketentuan  mengenai  pelaksanaan   kegiatan Peringatan Hari  Santri  2023.
D.   Dasar Hukum
     1.  Undang-Undang Nomor 18  Tahun 2019 tentang Pesantren.
     2.  Keputusan  Presiden Nornor 22 Tahun 2015 tentang Hari  Santri.
E.   Ketentuan 
     1.  Tema
         Terna peringatan  Hari  Santri  2023:  Jihad  Santri Jayakan Negeri.
         Dalarn peringatan Hari Santri tahun ini,  kita rnerayakan sernangat dan dedikasi para  santri  sebagai pahlawan  pendidikan  dan  perjuangan rnelawan kebodohan. Terna "Jihad Santri Jayakan Negeri" rnengangkat rnakna yang dalarn dan relevan dalarn zarnan ini.
         Di zarnan yang penuh dengan tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual  yang  penuh  semangat.  Santri  sebagai  penjaga  terdepan dalam pertempuran  melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan.
         Santri  merupakan pejuang ilmu  pengetahuan  yang tidak kenal  lelah mengejar  pengetahuan   dan  kebijaksanaan   sebagai   senjata  utama mereka.   Dalam  tradisi  Islam,  jihad  intelektual  adalah  cara  untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Santri sebagai   teladan  dalam  menjalani  jihad  ini.   Dengan  buku   sebagai senjata dan pena sebagai  tongkat kebijaksanaan,  para santri memperdalam ilmu  dan menyebarkan cahaya pengetahuan.
     2.  Logo
         Logo peringatan Hari Santri 2023  dapat diunduh melalui laman https://kemenag.go.id/informasi/logo-hari-santri-2023.
     3.  Apel  Hari  Santri  2023   dilaksanakan pada tanggal  22  Oktober 2023 pukul  07.00  WIB  yang terpusat  di  Tugu  Pahlawan  Kota  Surabaya, Jawa Timur dengan Inspektur Apel Hari Santri oleh  Presiden Republik Indonesia  Ir.  H.  Joko  Widodo   dan disiarkan langsung  melalui kanal media sosial Kementerian Agama.
     4.  Peringatan Hari  Santri  2023   dapat  dilakukan  melalui kegiatan zikir, shalawat,  munajat,  doa,  dan  kegiatan  lainnya  yang relevan dengan tema.
     5.  Sosialisasi tema,  logo,  dan rangkaian kegiatan peringatan  Hari  Santri 2023    dilaksanakan   melalui  website,   media  sosial,   dan  spanduk, baliho,  atau standing banner.
     6.  Seluruh     pelaksanaan     kegiatan    Peringatan     Hari     Santri     2023 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dan  mengedepankan prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.
F.   Penutup
     Demikian  Surat  Edaran  ini   dikeluarkan  untuk  menjadi perhatian   dan dilaksanakan sebagaimana  mestinya.