Penggunaan Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengendalikan Kebiasaan Merokok di Kalangan Siswa melalui Peningkatan Perceived Self Efficacy Berhenti Merokok
Oleh : Suwito,
Therapy (terapi perilaku kognitif) untuk meningkatkan perceived self efficacy (PSE) berhenti
merokok dikalangan siswa SLTP. Penelitian ini menggunakan rancangan non randomized
control group pretest and posttest design. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) pendekatan cognitive
behavior therapy efektif meningkatkan sumber perceived self efficacy (SPSE) berhenti merokok
(persuasive experience, vicarious experience, enactive experience), (2) pendekatan cognitive
behavior therapy efektif meningkatkan indicator perceived self efficacy (IPSE) berhenti merokok
(choice behavior, performance, persistence), (3) model analisis hubungan antara SPSE dengan
IPSE diperoleh koefisien gamma = 0,86, t = 2,84 (p<0,05), berarti SPSE berhenti merokok
dikalangan siswa. Atas dasar temuan berikut disarankan pada sekolah yang sederajat untuk
mempertimbangkan penggunaan cognitive behavior therapy sebagai alternative program
pencegahan perilaku merokok dikalangan siswa
Kata kunci : Cognitif behavior therapy, perceived self afficacy, siswa SLTP, berhenti merokok