NEWS UPDATE :  

Berita

KEGIATAN MANASIK HAJI KELAS VIII MTsN 5 KARANGANYAR

Menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang amat dirindukan oleh setiap umat Islam, karena belum tentu kesempatan menunaikan ibadah haji itu datang kembali. Oleh karena itu Agar bisa beribadah haji dengan sebaik-baiknya, sekhusyu'-khusyu'nya dan menjadi haji mabrur harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai rukun haji, rukun ihram serta tata cara pelaksanaan ibadah haji dan ihram.

Penyelenggaraan manasik haji untuk siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karanganyar merupakan pembelajaran dalam bentuk praktikum dalam implementasi mata pelajaran Fiqih bab Haji dan Umroh . Namun Pengetahuan siswa-siswi mengenai pelaksanaan ibadah haji dan umroh yang masih minim menjadi masalah yang sering muncul dalam pembelajaran.

Untuk itu dibutuhkan pelaksanaan manasik haji guna meningkatkan pengetahuan dan pengalaman siswa-siswi mengenai berbagai aspek tenang pelaksanaan ibadah haji dan umroh. 

Dalam hal ini pelaksanaan kegiatan manasik haji siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karanganyar dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 25 Februari 2023 bertempat di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali dengan pembimbing beliau bapak H. Sudaryono, S.Ag. dan bapak H. Ahmad Muslim, S.Pd dan satu pembimbing dari Asrama Haji.

TUJUAN KEGIATAN 
1. Untuk memberikan bekal siwa-siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karanganyar tentang pelaksanaan ibadah haji bagi jama’ah calon haji.
2. Untuk memberikan keterampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan buku manasik haji bagi siwa-siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karanganyar.
3. Untuk memberikan pengetahuan, kemampuan tata cara kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji.
4. untuk memberikan informasi, gambaran situasi dan kondisi yang akan dan kemungkinan terjadi baik selama di perjalanan ataupun selama di tanah suci. 
5. Melatih siwa-siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karanganyar agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah haji, serta sebagai penyesuaian dengan segala hal yang akan digunakan selama menunaikan ibadah haji.
6. Meningkatnya pengetahuan siwa-siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karanganyar tentang pelaksanaan ibadah haji.